5 Bahasa Cinta ala Gary Chapman: Yang Manakah Bahasa Cintamu untuk Si Dia?

Pernah baca buku "The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts"? Buku ini ditulis oleh Dr. Gary Chapman, berisi tentang kategori hubungan dan pernikahan, membantu jutaan pasangan di seluruh dunia memahami dan memperkuat hubungan mereka. Chapman, memperkenalkan konsep bahwa setiap orang memiliki cara unik dalam mengekspresikan dan menerima cinta, yang ia sebut sebagai "bahasa cinta". 

Chapman mengidentifikasi 5 bahasa cinta utama yang merupakan cara-cara dominan yang digunakan orang untuk menunjukkan cinta mereka kepada pasangan. Apa sajakah? Mari kita simak. 




Words of Affirmation

Bahasa cinta ini melibatkan ungkapan cinta melalui kata-kata positif, pujian, dan dukungan. Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini, komentar positif, penghargaan, dan ungkapan cinta verbal sangat penting. Pujian sederhana atau ucapan terima kasih dapat membuat mereka merasa dihargai dan dicintai. Seperti: 
  • "Aku sangat bangga denganmu."
  • "Kamu terlihat luar biasa hari ini."
  • "Terima kasih sudah selalu ada untukku."

Acts of Service

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai ketika pasangan mereka melakukan tindakan-tindakan yang membantu dan mendukung mereka, misalnya: 
  • Memasak makan malam untuk pasangan
  • Membantu membersihkan rumah tanpa diminta
  • Mengambil alih tugas yang biasa dilakukan pasangan saat mereka lelah

Receiving Gifts

Bagi beberapa orang, menerima hadiah adalah cara utama untuk merasa dicintai. Hadiah tidak harus mahal atau besar, tetapi lebih kepada simbol kasih sayang dan perhatian. Hadiah kecil yang diberikan dengan tulus dapat memiliki makna besar. 

Hadiah adalah simbol kasih sayang dan perhatian.
  • Memberikan bunga tanpa alasan khusus
  • Membelikan cokelat kesukaan pasangan
  • Membuatkan hadiah DIY yang personal

Quality Time

Menghabiskan waktu berkualitas bersama adalah bahasa cinta yang penting bagi mereka yang menghargai perhatian penuh dan kehadiran pasangan mereka. Ini berarti meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama, berbicara, atau hanya menikmati kebersamaan tanpa gangguan. 


Physical Touch

Sentuhan fisik seperti pelukan, ciuman, pegangan tangan, atau pelukan bisa menjadi cara utama bagi beberapa orang untuk merasa dicintai dan diperhatikan. Kontak fisik yang penuh kasih dapat sangat menguatkan dan menenangkan, contohnya: 
  • Memeluk pasangan ketika bertemu atau berpisah
  • Menggenggam tangan saat berjalan bersama
  • Memberikan pijatan ringan setelah hari yang melelahkan


What is your love language? 

Setelah membaca tulisan di atas, bahasa cinta apa yang biasa digunakan untuk Si Dia? 

Chapman menekankan pentingnya mengidentifikasi dan memahami bahasa cinta pasangan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat. Sering kali, masalah dalam hubungan terjadi karena pasangan tidak menyadari atau tidak mengerti bahasa cinta satu sama lain. Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan, kita bisa lebih efektif dalam menunjukkan kasih sayang dan perhatian, yang pada gilirannya akan memperkuat ikatan emosional.


Dengan memahami dan menerapkan lima bahasa cinta, pasangan dapat menciptakan hubungan yang lebih harmonis, penuh kasih, dan tahan lama. Bahasa cints ini tidak hanya relevan bagi pasangan yang sudah menikah, tetapi juga bagi mereka yang berada dalam tahap awal hubungan atau bahkan bagi individu yang ingin memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik. 
Previous Post
6 Comments
  • Fransisca Williana Nana
    Fransisca Williana Nana May 25, 2024 at 9:07 PM

    Tanpa bahasa cinta, tentunya tak ada komunikasi gimana cara kita menyampaikan kata cinta iya kan? Hehe. Kalo bahasa cintaku, cukup dengan quality time. Karena hal yang paling mahal dan dirasa sulit untuk bisa didapat, ya itu waktu

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com May 25, 2024 at 9:28 PM

      Setuju!

  • Danie
    Danie May 26, 2024 at 5:59 PM

    Suami ke saya lebih ke act of service, nggak bisa dia mengungkapkan lewat kata2.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com May 28, 2024 at 4:28 AM

      Wuih kk pasti bahagia banget

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi May 29, 2024 at 1:19 PM

    Aku suka sekali bikinin puisi buat suami, termasuk kata2 ya

  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C June 4, 2024 at 11:35 PM

    abis baca ini semoga bisa memahami bahasa cinta pasangan meskipun sekarang masih sendiri wkwk

Add Comment
comment url