Tol Cisumdawu Tengah Malam

Cisumdawu adalah jalan tol yang membentang dari Cileunyi hingga Dawuan. Pembangunan jalan tol ini terbilang sangat lama, bahkan ruas jalan yang sudah dibuka normal baru Cileunyi-Pamulihan yang sangat pendek. Jalan tol ini mempersingkat perjalanan ke Bandara Kertajati ataupun akses Bandung-Cirebon yang biasanya ditempuh melalui jalan raya buatan Daendels yang sangat padat. 

Dalam rangka liburan Nataru yang lalu, tol ini dibuka hingga Cimalaka gratis, dan kami berkesempatan "icip" ruas tol yang baru ini. Bagaimanakah kondisi jalannya? Silakan simak pengalaman saya berikut. 



Kami masuk dari pintu tol Padalarang sekitar jam 22.30, lurus saja menuju Cileunyi, lanjut masuk ruas Cileunyi-Pamulihan. Di ruas ini penerangan di sepanjang jalan lumayan banyak walaupun tidak semua tiang dipasangi lampu. 

Twin tunnel

Memasuki ruas Pamulihan-Sumedang, lampu jalan mulai jarang, hampir gelap gulita. Nah, di ruas inilah terdapat terowongan kembar yang ikonik, katanya mirip di luar negri! Panjangnya mencapai 472 meter, dengan lebar jalan masing-masing 14 meter dan tinggi 46 meter. 

Di ruas Pamulihan-Sumedang sepanjang 16 kilometer ini kami bertemu 3 mobil patroli jalan tol, yang 1 parkir di pinggir jalan dengan lampu rotater menyala, dan 2 lagi berjalan santai. Hati jadi agak aman rasanya. 



Jalan menurun berbentuk "S"

Keluar dari terowongan, kondisi jalan masih tetap mulus dan tetap minim penerangan. Ruas Sumedang-Cimalaka hanya 4 kilometer, namun harus sangat hati-hati, terutama bila dilalui malam. 

Jalannya menurun dan berbentuk "S", jika kurang hati-hati bisa menabrak pembatas jalan karena disangka jalannya lurus-lurus saja, dan pada saat kami melewati jalan ini tidak ada mobil dari arah berlawanan, pun searah dengan kami. 

Alhamdulillah, malam itu tidak hujan sehingga jalanan tidak licin. 


Pintu tol Cimalaka

Sekitar satu jam perjalanan, kami pun sampai di pintu Tol Cimalaka. Saat tap kartu tol ternyata hanya terpotong Rp 21 ribu saja dari Padalarang! 

Dari pintu tol belok kanan saja ke arah jalan raya Bandung-Cirebon, jalannya rata walaupun di beberapa titik masih ada pekerjaan jalan tol yang belum kelar, lumayan ramai dan terang walaupun hampir tengah malam, muncul di pertigaan Cimalaka. 


Demikianlah pengalaman kami melewati jalan tol Cisumdawu pada tengah malam yang lumayan "menyeramkan". Mengingatkan kembali pada teman-teman agar selalu berhati-hati di jalan. 

Semoga liburan teman-teman pun menyenangkan! 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url