6 Hal Sepele Agar Mesin Cuci dan Baju Tidak Mudah Rusak

Mesin cuci kini menjadi peralatan rumah tangga yang wajib dalam setiap keluarga. Masing-masing jenis mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu sebelum mencuci apapun jenis mesin cucinya, ada 6 hal sepele yang wajib dilakukan agar mesin cuci dan baju tidak mudah rusak. Beberapa jenis mesin cuci yang umum digunakan di Indonesia, antara lain: 
  • Mesin cuci 2 tabung
  • Mesin cuci 1 tabung bukaan atas
  • Mesin cuci 1 tabung bukaan depan


Resleting

Sebelum memasukkan baju kotor ke dalam mesin cuci, periksalah resletingnya. Celana panjang, jaket dan bagian bersleting lainnya sebaiknya ditutup agar tidak tersangkut dan menyebabkan kerusakan. 

Kaos bersablon

Untuk kaos-kaos bersablon sebaiknya dimasukkan ke dalam mesin cuci dalam keadaan terbalik dalam-luar agar gambar sablon tidak cepat rusak dan pudar. 


Kaos kaki 

Saat membuka kaos kaki, seringkali kita membiarkannya tergulung begitu saja. Nah, saat memasukkan kaos kaki kotor ke dalam mesin cuci, hendaknya dibuka gulungannya agar pencucian jadi lebih bersih. 

Bra

Untuk perempuan, bra adalah pakaian wajib yang digunakan setiap hari. Oleh karena itulah memilih bra yang nyaman adalah keharusan. Bra bekas pakai yang akan dicuci sebaiknya dikancing terlebih dahulu agar tidak menggulung dengan baju lain sehingga akan mengurangi kenyamanannya saat dipakai lagi. Dan bila sampai tersangkut pada mesin cuci pun bukan hanya bra yang rusak, mesin cuci pun akan baret dan rentan cepat rusak. 


Baju halus 

Baju halus seperti pakaian tidur, pakai dalam dan lain-lain akan mudah rusak bisa bergesekan langsung dengan baju lain di dalam mesin cuci yang berputar. Ada baiknya masukkan dulu ke dalam laundry bag sebelum dicuci. 

Keluarkan isi saku

Last but not least, ini adalah hal sepele terakhir yang benar-benar sering terlupa, yaitu mengeluarkan isi kantong. Satu koin kecil yang tersimpai dalam kantong bila sudah tercuci jadi sulit diambil dan berpotensi merusak mesin cuci. Oleh karena itulah, sebelumnya sebaiknya keluarkan semua isi saku. 


Apakah teman-teman selalu memperhatikan 6 hal sepele tersebut di atas sebelum mencuci? Setiap orang tentu memiliki tips dan trik tertentu untuk merawat mesin cucinya agar baju dan mesin cuci tidak mudah rusak. Yuk share di kolom komentar bila ingin menambahkan atau mungkin ada pengalaman lain yang unik. 
Next Post Previous Post
18 Comments
  • Sarah Jalan
    Sarah Jalan October 9, 2023 at 9:40 PM

    koin2 dan kertas disaku ini yang paling sering aku lupa periksa saat masukkan pakaian /celana kotor dimesin, alhasil kadang mesin tuh sampai bunyi, mungkin krena gesekan koinnya itu kali ya :)

  • Andina
    Andina October 10, 2023 at 12:41 AM

    Kalau pakaian dalam kebetulan saya pakai tas jaring (dibedakan) biar nggak nyampur aja sih sama pakaian lain

  • Ria Fasha
    Ria Fasha October 10, 2023 at 7:44 PM

    Aku termasuk yang suka lalai memeriksa hal-hal tersebut
    kadang udah nemu aja koin dan jarum di dalam mesin cuci
    makasih ya tips nya nanti aku coba terapkan juga

  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra October 10, 2023 at 9:22 PM

    Makasih ya kak sudah buat tips keren ini karena sering alami masalah begini di rumah

  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com October 10, 2023 at 11:46 PM

    memang banyak banget hal yang bisa kita lakukan untuk merawat mesin cuci biar gak cepat rusak ya.

  • Tian lustiana
    Tian lustiana October 11, 2023 at 12:29 AM

    Suka lupa ngeluarin isi saku, jadi kadang kalau ada tisu suka ambyar deh huhuh

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi October 11, 2023 at 5:34 PM

    Sama yang bikin ganggu itu uang koin yang lupa dikeluarkan bikin suara di mesin cuci dan bikin rusak juga

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari October 12, 2023 at 1:49 AM

    kadang luput nih mengeluarkan isi saku, kadang masih begitu saja dimasukkan ke mesin cuci, kadang sampai masuk ke sela-sela mesin cuci ya

  • SHalikah
    SHalikah October 12, 2023 at 4:31 PM

    Setuju dengan celana ber-ritsleting wajib dicuci dalam keadaan ritsleting tertutup, saya pun akhirnya rajin menggunakan laundry bag alias kantong cuci untuk memisahkan aneka pakaian di dalam mesin. Yang paling penting masuk ke laundry bag tentu pakaian dalam seperti bra dan celana dengan karet pada bagian pinggang. Alasannya tentu agar lebih awet dan gak merusak pakaian.

  • YWidya
    YWidya October 12, 2023 at 4:56 PM

    kebiasaan aku pasti periksa saku baju, takut ada uang koin gitu kak, takut masuk ke lubang2 yang ada di mesin cuci

  • Rifqi Fauzan Sholeh
    Rifqi Fauzan Sholeh October 12, 2023 at 7:10 PM

    Memeriksa isi saku hal yang paling sering saya lupakan malah tidak pernah dilakukan, sehingga uang pun ikut tercuci 😂

  • Lasmicika
    Lasmicika October 12, 2023 at 7:24 PM

    Satu lagi yang harus diperhatikan: jangan melebihi kapasitas! Mesinku berulangkali ganti dinamo kata kang servisnya kelebihan beban. Wkwkw... kadang suka, ah, tanggung satu potong lagi gapapa kali ya, dua baju lagi gapapa kali ya, besoknya ngambek. Haha

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar October 12, 2023 at 8:50 PM

    terkadang ada beberapa lembara uang di dalam saku yang ikut tercuci, jadi emang harus diperiksa baik2 ya.. siapa tau nemu harta karun.. hehehee

  • Muhammad Gusti Apriansyah
    Muhammad Gusti Apriansyah October 13, 2023 at 10:01 AM

    Sering diomeli istri karena suka naro benda (uang atau koin) di dalam saku wkw bahkan pernah sampai rusak mesin cuci karena kebiasaan buruk ini

  • lylamanzila
    lylamanzila October 15, 2023 at 6:33 AM

    Wih sepele banget mbak, apalagi soal resleting malah nggak pernah aku cek

  • Dwi Aprily - The Ordinary Woman
    Dwi Aprily - The Ordinary Woman October 16, 2023 at 6:53 AM

    Haha yang paling sering lupa adalah mengeluarkan isi saku. Pernah nih uang sampai sobek karena kecuci, bahkan jam tangan anak-anak juga masuk mesin cuci karena di saku

  • Fera Marentika
    Fera Marentika October 19, 2023 at 7:16 PM

    ah bener banget ini tips nya. kadang suka lupa menutup resleting dan mengeluarkan isi kantong xD sepele tapi berguna ya.. londry bag juga cukup membantu untuk baju halus dan pakaian dalam.

  • COLDCLOVER
    COLDCLOVER October 21, 2023 at 9:45 PM

    Aku ngerasa kadang pas nyuci baju pas kering tiba-tiba jadi melar. Ada yang pernah tidak? Sepertinya harus dipilah dlu sebelum dicuci huhu

Add Comment
comment url