6 Hal Sepele yang Bisa Dilakukan Agar Laptop Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak

Laptop kini menjadi benda wajib bagi hampir semua orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan kantoran, bahkan blogger dan ibu rumah tangga sekalipun. Laptop menjadi pilihan karena merupakan lebih praktis daripada komputer desktop yang tidak bisa dibawa ke mana-mana. Sayangnya laptop relatif lebih ringkih dibandingkan komputer biasa, bahkan hal-hal sepele pun bisa membuat laptop rusak. Bagaimanakah caranya merawat laptop agar lebih awet? Silakan simak beberapa tips berikut ini. 



Jangan taruh apa pun di atas laptop

Saat menaruh laptop di atas meja, di dalam tas, di mana pun dalam keadaan terbuka atau tertutup, hidari menaruh benda apapun di atasnya, terutama yang berat seperti buku tebal, misalnya. Hal sepele seperti ini bisa menekan keyboard, CPU dan alat-alat lain di dalamnya. Dan bila dalam kondisi tertutup, layar laptop bisa lebih cepat rusak. 

Pisahkan laptop dengan barang-barang lain

Menyimpan laptop di dalam tas, taruh di dalam kompartemen sendiri, terpisah dengan benda-benda lain seperti kabel power dan lain-lain agar tidak baret. 

Jangan membuat laptop "kepanasan"

Bekerja menggunakan laptop itu sangat fleksibel. Bisa di atas meja, atau bahkan sambil berbaring di atas tempat tidur. Meskipun di dalam laptop ada fan, namun kita juga harus tetap menjaga agar laptop tidak "kepanasan" dengan cara menaruhnya di tempat bersirkulasi baik. 

Jangan gunakan laptop di atas bantal, kasur, sofa atau benda lain yang menutup ventilasi dan memerangkap panas. Boleh juga memasang fan tambahan sebagai alas di bawah laptop. 

Menyimpan laptop di dalam mobil di bawah sinar mentari pun tidak disarankan, batre dan layar laptop terancam bakal cepat rusak. 

Perhatikan cara mencabut device dari port

Laptop memiliki beberapa port untuk menghubungan dengan device lain seperti port USB, kabel VGA, printer dan kabel power. Pada saat mencabut device, lakukan satu arah ke luar saja, jangan digoyang-goyang. Hal ini bisa menyebabkan port menjadi cepat longgar. 

Gunakan kabel power saat dipakai lama 

Bekerja di kantor atau di rumah saat WFH tentu memerlukan penggunaan laptop yang cukup lama, berbeda dengan penggunaan sebentar seperti saat di cafe atau di taman. Laptop memang dibekali batre yang tahan hingga beberapa jam, namun cabut-colok akan membuat batre cepat aus. Oleh karena itulah selalu gunakan kabel power bila memang penggunaanya lama. 

Menjaga kebersihan laptop

Jauhkan cangkir berisi minuman dari dekat laptop di atas meja, bila tanpa sengaja tersenggol dan tumpah, laptop bisa wassalam. Tutuplah layar laptop bila tidak digunakan agar debu tidak masuk ke sela-sela keyboard dan bagian-bagian lainnya, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Untuk layar bisa dibersihkan dengan kain lap lembut. 

Baca juga: Inikah Penyebab Jatuh Cinta?

Setiap orang tentu punya kebiasaan tertentu saat menggunakan laptop. Apakah teman-teman ada pengalaman menarik tentang cara merawat laptop agar tidak cepat rusak? Atau ada yang mau ditambahkan? Silakan share di kolom komentar ya. 





Next Post Previous Post
4 Comments
  • MUHAMMAD FAUZI
    MUHAMMAD FAUZI October 11, 2023 at 9:26 AM

    Meskipun sepele tapi jika itu demi laptop tetap awet maka harus tetap dilakukan

  • Asty Intan Pratiwi Widyanti
    Asty Intan Pratiwi Widyanti October 12, 2023 at 11:36 PM

    Bener siih, hal-hal di atas itu kadang keliatannya sepele padahal kalau dilakukan terus2an ya bikin laptop gampang ngambek jugaa yaa. Makasih tips-nya kaaak

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen October 17, 2023 at 5:15 AM

    Sama kayak yg ditulis kok mba. Apalagi kalo laptop masih baru, kinclong, beuuugh jangan tanya perawatannya 😂😂😄. Dilap selalu abis pake 😁😄. Tapi memang buatku laptop penting sih. Jadi mau ga mau hrs dirawat bener2, apalagi kalo mahal, Krn ga pengen cepet rusak kan.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu October 22, 2023 at 12:42 AM

    Bagian port ini memang jangan goyang² pas nyabut dan pasang. Langsung deh tuh berasa bedanya bagian dalam yang agak longgar ya

Add Comment
comment url