Inikah Penyebab Jatuh Cinta?

Ada yang pernah merasakan jatuh cinta? Berbahagialah seseorang yang pernah merasakan jatuh cinta dan orang yang dicintai itu pun jatuh cinta padanya, karena tidak semua orang diberi anugerah untuk bisa jatuh cinta, dan tidak semua orang jatuh cinta pada orang yang tepat. Ada quote yang menyatakan "He/She is ten but has a red flag". 

Lalu apa sih yang membuat orang jatuh cinta? 

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang membuat seseorang tertarik dan kemudian jatuh cinta pada orang lain, hasil dari kombinasi faktor emosional, psikologis, dan sosial. 


Ketertarikan fisik

Tidak dapat dipungkiri bahwa ungkapan "dari mata turun ke hati" itu memang benar adanya. Kita tentu akan tertarik melihat seseorang yang memiliki penampilan yang baik. Secara otomatis otak kita akan memberi sinyal suka kepada orang yang menarik secara fisik. 


Ketertarikan non-fisik

Ternyata ada beberapa hal lain yang menyebabkan manusia jatuh cinta, tidak melulu tentang fisik. 
  • Kepribadian: orang yang ramah, baik hati, dan memiliki kepribadian positif lainnya tentu bisa membuat orang lain tertarik padanya. Kepribadian yang menarik adalah faktor penting lainnya dalam membuat seseorang jatuh cinta. Kepribadian yang penuh kasih sayang, dukungan, dan pengertian dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat
  • Nyambung saat ngobrol: komunikasi yang baik, kemampuan untuk berbicara, mendengarkan, dan memahami satu sama lain secara empatik adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dan kuat, dapat menjalani diskusi terbuka tentang perasaan, harapan dan impian, yang dapat memperdalam ikatan emosional
  • Memiliki rasa humor: terkadang kita tertarik pada orang lain karena orang tersebut bisa mencairkan suasana dengan gelaknya
  • Tidak pelit: salah satu hal yang membuat seseorang tampak menarik adalah sifatnya yang tidak pelit. Bukan berarti menghambur-hamburkan uang, namun mau membelanjakan uang dengan bijak untuk keperluan-keperluannya dengan baik

Hormon dan kimia otak

Sudah ketemu apa penyebab jatuh cinta pada pasangan? Dia mungkin tidak terlalu cantik atau tampan, penampilannya biasa saja, dan tidak ada yang wow dalam dirinya, namun membuat kita jatuh cinta. 

Kalau belum menemukan jawabannya, mungkin ada sesuatu yang terjadi di otak, tanpa kita sadari, yang melibatkan hormon dan kimia otak. 

Cinta memiliki komponen biologis yang melibatkan pelepasan hormon seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin di otak. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan perasaan cinta, kebahagiaan, dan keterikatan emosional. Inilah yang penyebab jatuh cinta. 


Penting untuk diingat bahwa cinta mendalam adalah perasaan yang kompleks dan unik bagi setiap individu. Setiap hubungan dan perasaan cinta memiliki cerita dan dinamika sendiri, dan faktor-faktor yang menyebabkan cinta mendalam dapat berbeda dari satu orang ke orang lainnya.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Putu Felisia
    Putu Felisia October 12, 2023 at 10:14 PM

    Nah kimia otak ini paling susah ya. Makanya ada ungkapan cinta itu buta. Padahal harus melek banget mengingat sekarang orang dengan gangguan kepribadian itu bahaya banget.

Add Comment
comment url