Cara Mencegah Hernia Pasca Operasi Usus Buntu

Operasi usus buntu adalah prosedur bedah untuk mengangkat usus buntu yang meradang. Usus buntu adalah organ kecil yang terletak di perut bagian kanan bawah. Radang usus buntu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri atau penyumbatan. Pada beberapa kasus, ada orang yang mengalami hernia beberapa tahun setelah operasi usus buntu. 



Hernia adalah kondisi medis yang terjadi ketika organ atau jaringan tubuh menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang lemah. Hernia pasca operasi usus buntu adalah jenis hernia yang paling umum terjadi. Hernia ini terjadi ketika usus kecil atau lemak menonjol melalui lubang di otot perut yang terbentuk setelah operasi usus buntu. 


Faktor resiko

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko hernia pasca operasi usus buntu, seperti:
  • Usia lanjut: usia di atas 60 tahun
  • Obesitas: seseorang disebut obesitas bila BMI-nya di atas 29,9
  • Genetik: pada beberapa orang yang keluarganya memiliki riwayat hernia, resiko mengalami hernia akan meningkat
  • Operasi besar: salah satu jenis operasi usus buntu operasi besar

Bagi teman-teman yang pernah operasi usus buntu, tetap harus berhati-hati karena resiko mengalami hernia tetap ada. 



Gejala

Ada berbagai gejala hernia pasca operasi usus buntu, mulai dari sekedar rasa tidak nyaman di perut, nyeri di perut, bengkak atau benjolan di perut, perasaan penuh atau tertekan di perut, sampai mual-muntah dan sembelit.

Gejala-gejala ini tampak biasa sehingga jarang orang yang langsung menyadari bahwa ada hernia. Pemeriksaan dokter biasanya dengan USG atau rontgen. 


Pencegahan

Pasca operasi usus buntu, tentu kondisi perut sudah tidak sama lagi. Hal-hal berikut ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hernia pasca operasi usus buntu: 
  • Cukup isirahat: membuat badan menjadi tidak mudah lelah dan senantiasa sehat
  • Perbanyak minum air putih dan makan serat: asupan makanan sehat dengan gizi seimbang baik untuk tubuh dan melancarkan pencernaan
  • Olahraga teratur: latihan kardio ringan seperti jalan kaki dan jogging seperlunya baik untuk kesehatan, jangan sampai over excercise misalnya bersepeda berjam-jam, angkat berat, high intense aerobic
  • Hindari aktivitas berat: usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti mengangkat benda berat agar otot perut tetap terjaga baik

Hal-hal tersebut di atas bisa dilakukan untuk mencegah atau paling tidak meminimalkan resiko munculnya hernia pasca operasi usus buntu. 


Penanganan

Bila terasa ada gejala mencurigakan di perut, sebaiknya segera periksa ke dokter umum. Dokter akan merujuk ke poli bedah. Tindakan awal yang dilakukan adalah anamnesis, USG atau rontgen bila diperlukan. Dari hasil inilah dokter bedah menentukan apakah perlu operasi lagi untuk menangani hernia ini. 

Hernia yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti penyumbatan usus. Oleh karena itu, upaya pencegahan sebaiknya dilakukan. 


Apakah teman-teman punya pengalaman hernia pasca operasi usus buntu? Silakan bagikan pengalaman teman-teman di kolom komentar. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yang pernah operasi usus buntu, agar bisa mencegah munculnya hernia. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url