Sertifikat Halal GRATIS Bagi UMK: Bukan Hanya untuk Muslim

Ketika seorang muslim mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah pasti kehalalannya, tentu hatinya akan tenang. Produk yang halal insya Allah aman bagi semua umat, bukan hanya muslim. Saat kita memasak sendiri makanan tentu kita akan lebih yakin dengan status kehalalannya, lalu bagaimanakah bila membeli makanan yang sudah jadi? Salah satu hal yang menentramkan jiwa adalah melihat label halal yang tertera. 

Pada industri manufaktur makanan kita bisa dengan mudah melihat logo halal pada kemasan, namun bila kita membeli makanan dari pedagang kecil atau home made tentu tidak mudah melihat logo halalnya. Oleh karena itulah pemerintah menggalakan penerbitan sertifikat halal GRATIS bagi UMK agar tidak membebani UMK dengan biaya normal Rp. 230.000. 



Keuntungan memiliki sertifikat halal GRATIS bagi UMK

Bagi UMK, ada beberapa keuntungan saat produknya sudah memiliki sertifikat halal GRATIS, antara lain: 
  • Hemat biaya dibandingkan dengan pengajuan normal
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen: sertifikat halal merupakan jaminan bagi konsumen bahwa produk tersebut telah memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan oleh MUI. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, terutama konsumen Muslim yang menjadikan kehalalan sebagai salah satu faktor penting dalam memilih produk
  • Meningkatkan pangsa pasar: produk UMK akan lebih diterima di semua kalangan konsumen, terutama yang muslim
  • Meningkatkan daya saing bisnis: sertifikat halal dapat menjadi nilai tambah bagi produk, sehingga dapat meningkatkan daya saing bisnis di pasar

Melihat dari berbagai keuntungan tertera di atas, dapat dipastikan bahwa sertifikat halal ini dapat bermanfaat bukan hanya bagi pelaku usaha muslim saja. 

Sanksi

Berdasarkan PP Menteri Agama No. 26 Tahun 2019 pasal 197, Pelaku Usaha yang melampaui batas waktu penahapan pengajuan permohonan sertifikat halal, dikenakan sanksi berupa peringatan tertulis dan penarikan barang dari peredaran. 



Cara mendapatkan sertifikat halal GRATIS bagi UMK

Sertifikat halal adalah pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, semua produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal paling lambat pada tahun 2024. Oleh karena itulah kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan sertifikat halal GRATIS ini. 

Untuk mengajukan sertifikat halal GRATIS, ada beberapa hal yang harus dilakukan: 
  1. Pelaku Usaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), KBLI-nya harus sesuai dengan produk yang akan diajukan
  2. Menentukan Pendamping Proses Produk Halal (P3H) sesuai provinsi masing-masing
  3. Pelaku Usaha menyiapkan data pribadi dan data produk yang akan diajukan pada P3H
  4. P3H akan memverifikasi dan memvalidasi produk tersebut, lalu mengajukan penerbitan sertifikat halalnya

Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat halal GRATIS itu bervariasi mulai dari 12 hari kerja, sejak produk diajukan. 




Untuk teman-teman baik muslim ataupun non-muslim, yang memerlukan sertifikat halal GRATIS, bisa mendapatkan info lebih lanjut dan dibimbing step-by-step dalam pengisian datanya dengan cara: 
  • Wilayah Jawa Barat dan Banten bisa menghubungi P3H Jabar-Banten
  • Sedangkan untuk provinsi lainnya, silakan tulis alamat e-mail dan asal Provinsinya di kolom komentar agar nanti bisa dihubungi oleh teman-teman P3H provinsi masing-masing

Dengan adanya sertifikasi halal, masyarakat muslim dan non-muslim dapat lebih yakin untuk mengonsumsi produk yang beredar di Indonesia. Selain itu, sertifikasi halal juga dapat mendorong pengembangan industri halal di Indonesia, sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.
Next Post Previous Post
40 Comments
  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi November 6, 2023 at 4:25 PM

    Wah, setuju dan oemerintah sangat memudahkan dengan cara menggratiskan

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:22 PM

      Ayo manfaatkan kesempatan ini kak!

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen November 7, 2023 at 6:03 AM

    Harus dimanfaatkan kalo bisa gratis gini. Krn memang Skr ini apalagi Indonesia negara dengan muslim terbesar, harusnya produk halal udh dengan logo halal MUI kan. Jadi Orang2 semakin yakin dengan produk atau makanan yg mereka beli.

    Jadi inget dulu papa juga ga mau pasang logo halal di toko bakeries nya, Krn menurut papa ribeeet dan mahal. Apalagi ada banyak toko kue under perusahaan papa. Tapi lama2 setelah denger banyak pendapat, akhirnya apply. Krn memang penting kok.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:22 PM

      Nah!

  • Ririn Erviana
    Ririn Erviana November 7, 2023 at 5:14 PM

    Sempat ditawarin teman untuk membuat sertifikat halal untuk produk sambelku. Tapi waktu itu aku nya masih rempong dan sempat vakum nggak jualan makanan. Ternyata banyak banget ya keuntungannya kalau ikutan program ini.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:21 PM

      Iya kak, kk domisili mana? Nanti bisa dibantu

  • Putu Felisia
    Putu Felisia November 8, 2023 at 11:42 PM

    Di Denpasar sendiri sudah gencar edukasinya, Mbak. Dan bagusnya gratis itu.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:21 PM

      Wow 👍👍

  • Kata Nieke
    Kata Nieke November 9, 2023 at 11:37 AM

    Bagus banget kalau ada progran yang mempermudah pengurusan sertifikasi halal. Apalagi kalau UMKM memperoleh fasilitas pengurusan secara gratis. Bisa dukung umkm lebih maju.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:20 PM

      Yupz

  • mya wuryandari
    mya wuryandari November 9, 2023 at 3:35 PM

    wah, edukasi kaya gini yang perlu disosialisasikan ke banyak umkm nih, saya kebetulan kemarin baru pelatihan P3H dan lulus, sedang menunggu nomor registrasi, semoga bisa turut membantu umkm mendapatkan sertifikat halal produknya dengan gratis, wilayah semarang bisa ya hubungi saya hehe

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 9, 2023 at 6:20 PM

      Wah, keren kk 👍👍

  • Amir
    Amir November 9, 2023 at 7:53 PM

    Sertifikat halal itu sangat penting, apalagi jika usaha kuliner ada di negara non muslim, karena yang halal itu menenangkan.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:48 PM

      true

  • Harianeko.com
    Harianeko.com November 9, 2023 at 8:37 PM

    Serius nih kak gratis?
    Coba sy ikut daftar warungnya orang tua agar dpt sertifikat halal.
    Thanks infonya kak.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:47 PM

      Iya kak, silakan hub link tertera ya

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati November 9, 2023 at 10:53 PM

    Masya Allah, akhirnya dimudahkan untuk memiliki sertifikat Halal dari MUI. Sertifikat halal ini penting banget buat produk, karena kita sebagai orang islam, harus membeli produk yang halal.

    Semoga dg program ini, makin banyak UMKM yg mendaftarkan produknya nih.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:47 PM

      Aamiin

  • Inia lutarfus
    Inia lutarfus November 9, 2023 at 11:17 PM

    Baru tahu ternyata untuk mengurus sertifikat halal itu berbayar tapi syukur banget kalau pemerintah mau mempermudahnya dengan program sertifikat halal gratis ini,

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:46 PM

      Silakan kk

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati November 10, 2023 at 12:55 AM

    Wah kalau gratis sih harus banget dimanfaatkan nih. Jujur sbagai konsumen muslim aku berharap bgt pengusaha kuliner concern masalah halal food, biar sama-sama menjaga dan berkah juga :)

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:45 PM

      Yuk kk yuk

  • Fandhy Achmad R
    Fandhy Achmad R November 10, 2023 at 1:52 AM

    Dengan adanya opsi dan penawaran dari MUI untuk memberikan sertifikat halal secara gratis untuk para pelaku umkm kuliner tentu akan membantu para pemilik ya

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:45 PM

      Untuk muslim dan non muslim juga ya kak

  • Mechta
    Mechta November 10, 2023 at 4:38 AM

    Sertifikat halal ini memang sangat penting ya, termasuk utk UMKM. Beberapa waktu lalu di daerah kami juga dilakukan pelatihan utk memperoleh sertifikat halal untuk UMKM ini..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:45 PM

      Betull

  • www.nanikkristiyaningsih.com
    www.nanikkristiyaningsih.com November 11, 2023 at 4:54 PM

    Butuh banget informasi cara gratis mendapatkan sertifikat halal dari P3H provinsi ini agar pelaku UMKM bisa makin bersemangat mendaftarkan lebel halal untuk produk mereka dan khalayak merasa makin aman mengkonsumsi produk UMKM karena sudah berlebel halal.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:44 PM

      Iya kak.

  • SHalikah
    SHalikah November 11, 2023 at 6:57 PM

    Punya sertifikasi halal memang penting sekali sekarang ini. Konsumen di Indonesia sudah lebih teliti dan sadar akan pentingnya status ini, sehingga ketika berburu makanan pun banyak yang kritis memastikan adanya logo halal ini. Ternyata sekarang ada kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi halal dengan gratis ya. Pelaku usaha gak boleh menyia-nyiakan ini nih.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:44 PM

      Yuk manfaatkan kesempatan ini

  • Dee_Arif
    Dee_Arif November 11, 2023 at 9:25 PM

    Bagi pengusaha umkm, program sertifikasi halal seperti ini itu penting ya kak
    Agar mereka bisa terbantu mendapatkan label halal

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:43 PM

      👍

  • Rifqi Fauzan Sholeh
    Rifqi Fauzan Sholeh November 12, 2023 at 4:43 AM

    Apakah ini serius, apakah benar-benar gratis? Saya akan mencoba mendaftar di warung milik orang tua untuk mendapatkan sertifikat halal. Terima kasih atas informasinya.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 12, 2023 at 3:43 PM

      Betul kak! Kk di prov mana? Silakan klik bit.ly/tanya-sihalal

  • S. Fauzia
    S. Fauzia November 12, 2023 at 5:34 PM

    Alhamdulillah ya, mengurus sertifikasi halal ini cukup jadi PR untuk pengusaha apalagi UMKM di bidang kuliner, selain tidak mudah, biayanya juga lumayan. Syukur sekarang banyak program sertifikasi halal gratis.

  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra November 12, 2023 at 9:41 PM

    Keren banget ini kalau sudah ada sertifikat pasti akan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen

  • rejekingalir.com
    rejekingalir.com November 12, 2023 at 10:50 PM

    harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha nih, agar pengunjung pun juga makin nyaman ya kak

  • Fera Marentika
    Fera Marentika November 13, 2023 at 1:16 PM

    wah aku baru tau ini, sertifikan halal bisa berlaku untuk non muslim xD selama ini mikirnya produk halal itu dari pengusaha muslim, hihi.. kurang terbuka ternyata wawasan ku wkwkwk

  • Ulfah Aulia
    Ulfah Aulia November 15, 2023 at 8:41 PM

    Di Sumbar teman2ku yg buka usaha udah ada sertifikasi halalnya dlu itu berbayar mba... Kayaknya ini programnya mesti dimanfaatkan dgn baik nih, aku jadi kepikiran jga mau buka usaha tapi yaa masih maju mundurr wkwkwk.. Kalau liat sertifikasi gratis ini umkm semakin terbantu bnget yaa Mba...

  • Antung apriana
    Antung apriana November 16, 2023 at 8:02 PM

    alhamdulillah ya sekarang sertifikat halal bisa diurus dengan gratis yang pastinya tidak membebani pelaku umkm dan memberikan jaminan halal untuk produk yang dijualnya.

Add Comment
comment url