5 Alasan Tidak Pakai Clodi

Clodi atau cloth diaper adalah popok kain yang dapat digunakan berulang kali. Clodi menjadi salah satu pilihan popok yang semakin populer di kalangan orang tua, terutama orang tua yang peduli dengan lingkungan. Clodi memiliki banyak kelebihan, seperti lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis jangka panjang, dan lebih baik untuk kesehatan bayi.

Namun, ada juga orang tua yang tidak mau menggunakan clodi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang tidak mau menggunakan clodi: 

Mahal

Clodi terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah cover, insert dan wet bag bila diperlukan. Insert yang berkualitas bagus mungkin bisa menampung lebih dari 1 kali pipis, namun insert dengan kualitas standar harus diganti setelah pipis karena rawan tidak nyaman, menampung bakteri dan iritasi pada kulit bayi. Cover mungkin bisa digunakan agak lama namun tetap wajib diganti bila bayi BAB. 

Harga Clodi itu mahal. Satu set clodi berkualitas baik harganya mulai 50 ribuan, kualitas yang lebih baik tentunya memiliki harga lebih tinggi bahkan sampai 4 kali lipatnya per buah. Untuk pemakaian normal harian seorang bayi dibutuhkan bahkan sampai 10 buah per hari. 

Selain itu, clodi memerlukan deterjen khusus dan ukurannya disesuaikan dengan berat badan bayi. Jadi clodi newborn pasti hanya bisa digunakan maksimal 3 bulan, dan makin besar bayi maka memerlukan clodi dengan ukuran lebih besar. 


Ribet

Clodi perlu dicuci bersih pakai tangan, menggunakan deterjen khusus dan dijemur secara rutin di bawah sinar matahari, bukan pakai pengering. Hal ini dilakukan agar clodi tetap lembut dan nyaman karena bila dicuci dengan sembarang deterjen, pakai mesin cuci dan pengering, clodi akan menjadi mudah kasar. 

Hal ini bisa menjadi kerepotan bagi orang tua yang sibuk atau tidak memiliki banyak waktu, terlebih lagi saat musim hujan. Orang tua akan keteteran dengan clodi Si Kecil karena insert clodi tidak bisa cepat kering. 


Higinitas

Bayi memiliki kulit yang lembut dan sensitif sehingga mudah iritasi. Bila tidak dicuci dan dijemur dengan benar, clodi bisa menjadi sarang bakteri. Tentunya seorang ibu akan mengkhawatirkan higinitasnya. Kurangnya higinitas ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan menjadi penyakit kulit. 


Rasa nyaman bayi

Ada beberapa orang tua yang khawatir bahwa clodi tidak nyaman untuk bayi. Hal ini dikarenakan clodi memiliki bentuk yang lebih tebal dibandingkan popok sekali pakai, dan insert yang menjadi kaku kasar karena proses cuci-jemur yang tidak tepat. 

Nah, rasa tidak nyaman ini efeknya bisa membuat bayi rewel.


Rawan bocor 

Clodi terbuat dari kain khusus yang agak tebal untuk menyerap pipis dan lembap, namun memiliki tingkat kebocoran yang lebih tinggi dibandingkan popok sekali pakai yang memiliki gel khusus penyerap cairan, menjadikannya lebih tahan bocor. 


Itulah beberapa alasan mengapa orang tidak mau menggunakan clodi. Apakah teman-teman punya pengalaman serupa? Atau bahkan lebih memilih clodi dibandingkan popok sekali pakai? Yuk kasih tahu saya di kolom komentar ya. 
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Ipeh Alena
    Ipeh Alena January 4, 2024 at 5:48 AM

    Kalo aku pribadi, kesulitan pake popok clodi itu banyak yang nolak nerima lungsuran. Bahkan di beberapa penerima donasi barang, nolak semua di daerahku. Otomatis, alih-alih zero waste tapi malah numpuk sampah :(

Add Comment
comment url