Suudzon vs Salah Sangka

Tulisan ini saya buat sebagai sarana curhat atas kejadian yang terjadi pada keluarga kami, tidak perlu komentar karena hanya sekedar menuliskan curhatan. Suudzon vs salah sangka. Ada yang tahu perbedaannya? Berikut pengertian kata suudzon dan salah sangka yang saya rangkum dari beberapa sumber. 



Pengertian Suudzon

Suudzon adalah prasangka buruk, penyakit berbahaya yang bisa membunuh iman seseorang dan membuat kita jauh dari ketakwaan. Islam mengajarkan kita untuk tidak berburuk sangka, namun bukan berarti  melarang bersikap waspada atau berhati-hati dalam menyikapi situasi. 

Salah satu contoh suudzon adalah menuduh orang lain berbuat buruk atau kejahatan padahal tidak disertai dengan bukti yang nyata atau jelas.


Pengertian Salah Sangka

Arti salah sangka adalah salah mengerti, salah paham. Salah sangka bisa saja terjadi karena situasi. Misalnya seseorang yang sedang memegang golok memanggil orang lain dengan melambaikan goloknya, Orang yang dipanggil bisa saja berpikir bahwa orang yang memanggil akan berbuat jahat kepadanya. Itulah salah sangka. 




Penyebab

Tinggal di kampung, tentu kehidupan bertetangga itu lebih akrab. Dua hari yang lalu, Ayah Ory hendak pinjam gergaji ke Pak Tetangga. Kayunya pun dibawa ke rumah Pak Tetangga, maksudnya biar dipotong langsung di situ dan gergajinya langsung dikembalikan. 

Ternyata di rumah Pak Tetangga sedang ada tamu, Ayah Ory pun tidak jadi pinjam gergaji karena tidak enak mengganggu Pak Tetangga yang sedang ngobrol dengan tamunya, dan kayu pun dibawa pulang lalu dipotong pakai golok yang ada di rumah saja. 

Otak kami pun lempeng-lempeng saja. 

Sampai pada hari kemarin, saat Ayah Ory berpapasan dengan Pak Sesepuh lalu Pak Sesepuh bertanya pada Ayah Ory apakah benar Ayah Ory pergi ke rumah Pak Tetangga bawa kayu. Ayah Ory pun mengiyakan, dan menceritakan bahwa kayu tersebut dibawa karena mau dipotong pakai gergaji yang akan dipinjam dari Pak Tetangga tapi tidak enak mengganggu karena di rumah Pak Tetangga sedang ada tamu, kayu pun dibawa pulang dan dipotong pakai golok. 

Dari Pak Sesepuh, Ayah Ory tahu bahwa Pak Tetangga malah berpikir Ayah Ory mau "berbuat sesuatu" kepadanya karena bawa kayu ke rumahnya. Penyebab dia berpikir seperti itu, saya tahu sih dia pernah "melakukan sesuatu" yang dipikirnya akan membuat kami marah. 

Ayah Ory langsung tertawa mendengar hal itu. 

Conclusion

Saya tidak tahu harus menyimpulkan apa dari kejadian di atas. Silakan Teman-teman ambil kesimpulan sendiri. Suudzon vs salah sangka, bedanya tipis, it depends on how your mind thought about it


Next Post Previous Post
2 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen November 7, 2022 at 4:31 AM

    Dari cerita ini, aku cuma bisa tarik conclusion, orang yang pernah melakukan kesalahan/perbuatan ga benar terhadap orang lain, cendrung akan berpikir orang lain akan melakukan hal yang sama ke dia 😄. Jadi intinya, mending selalu berbuat baik, jadi kita pun ga akan berpikir jelek2 ke orang lain .😁..

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com November 7, 2022 at 5:56 PM

      😁👍

Add Comment
comment url