4 Tips Menjadi Honest Reviewer Skincare Terpercaya yang Wajib Kamu Ketahui

Cara termudah untuk mengetahui manfaat suatu produk saat ini bisa dilakukan dengan melihat review. Berikut tips menjadi honest reviewer yang dipercaya netizen.

Sosial media menjadi fasilitas yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya mendapatkan review tentang suatu produk. Misalnya produk skincare, kamu bisa mengetahui cara pemakaian, manfaat lebih dari produk tersebut melalui seorang influencer skincare. Akan tetapi, jika kamu ingin menjadi seorang influencer skincare yang dipercaya banyak netizen. Pastikan kamu menjadi honest reviewer, ya.  

Nah dalam artikel kali ini kami akan berbagi informasi tentang tips menjadi reviewer skincare yang dipercaya netizen.


4 Tips Menjadi Honest Reviewer Produk Skincare Yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin kamu bertanya-tanya apa sih pentingnya menjadi honest review. Bukankah memberi ulasan seadanya sudah cukup? Eitts…perlu kamu ketahui untuk mendapat penonton video yang banyak, maka kamu harus bisa melakukan review skincare secara jujur. Dengan begitu netizen akan terus menonton video yang kamu buat.

Sekarang ini diberbagai sosial media seperti Instagram, Tiktok, dan Twitter, kita bisa dengan mudah menemukan beauty vlogger. Banyak sekali diantara influencer tersebut yang memberikan review tentang make up maupun skincare. Namun diantara mereka ada yang memberi review sekedarnya saja tanpa pernah mencoba produknya. Serta ada juga mereka yang mereview secara jujur dengan pernah mencoba produknya. 

Berikut ini 4 tips menjadi honest reviewer skincare yang wajib kamu ketahui.

1. Menjelaskan bahan baku skincare secara jelas

Tips pertama yang wajib kamu lakukan untuk menjadi honest reviewer produk skincare, adalah menjelaskan ingredient skincare. Karena seperti yang kita ketahui setiap produk perawatan wajah dan kulit memiliki spesifikasi masing-masing. Sehingga nantinya efek dan hasil yang ditimbulkan juga pasti berbeda-beda.

Jadi ketika membuat review tentang suatu produk skincare. Pastikan kamu menjelaskan secara rinci ingredient produk tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa kulit setiap orang memiliki tingkat sensitivitas masing-masing. Jangan sampai karena review kamu yang yang tidak jelas, membuat beberapa orang yang memiliki alergi tertentu pada ingredients-nya tidak cocok saat menggunakan produknya. 

2. Jelaskan kelebihan produk beserta alasannya

Kamu wajib menyertakan alasan ketika menyukai produk skincare tersebut. Pastikan kamu memberikan penjelasan secara detail, mengapa produk skincare tersebut layak untuk digunakan. Dengan begitu netizen tidak akan meragukan hasil ulasanmu terhadap produknya.

Misalnya ketika kamu menggunakan produk skincare untuk mencerahkan kulit, jelaskan juga bagaimana progresnya. Beritahu secara gamblang dalam review dan beri penjelasan tentang bagaimana produk tersebut cocok dan efektif ketika kamu gunakan.

3. Sampaikan kekurangan produk dengan bahasa yang baik

Tentu kita semua tahu bahwa setiap produk skincare memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai seorang influencer yang memberikan review produk, maka kamu tidak boleh menutup-nutupi kekurangan yang ada pada produk tersebut. 

Jelaskan dengan sebaik mungkin efek samping seperti apa yang akan muncul, jika kamu menggunakan skincare tertentu. Selain itu kamu juga bisa membuat perbandingan antara produk skincare yang kamu review satu dengan yang lainnya.

4. Coba gunakan produk secara pribadi

Terakhir tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang honest reviewer adalah menggunakan produk secara pribadi. Karena dengan begitu kamu akan tahu secara langsung, seperti apa kualitas produk yang kamu gunakan. Selanjutnya ketika memberi ulasan kamu tidak akan ragu lagi untuk menyampaikan pengalamanmu. 


Mudah sekali bukan, hanya dengan keempat cara diatas kamu bisa menjadi seorang reviewer yang dipercaya oleh netizen. Dengan semakin meningkatnya kepercayaan para pengguna sosial media. Maka akan semakin baik pula untuk perkembangan akunmu.

Semoga sedikit pembahasan tentang tips menjadi honest reviewer kali ini bermanfaat untukmu. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi tentang bagaimana caranya membuat ulasan produk skincare yang menarik tapi juga jujur.

===
Next Post Previous Post
27 Comments
  • Yayan Abdhi
    Yayan Abdhi August 8, 2023 at 5:32 AM

    Setuju sangatt.. kita butuh reviewer yang jujur, bukan hanya untuk skincare tapi semua produk. Apalagi hal2 yang berbau kecantikan dan kesehatan, kalau reviewer nya tidak jujur, bisa membahayakan konsumen.
    Kalau saya sih, jika ada reviewer yang menjelaskan kekurangan produk secara detail, maka itu fix reviewer jujur. Tapi kalo reviewnya, itu barang kaya gak ada cela, saya auto gak percaya lah..😂

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 8, 2023 at 6:51 PM

      Wah penilaian jujur dari pembaca nih. Trims kak

  • Bening Pertiwi
    Bening Pertiwi August 8, 2023 at 8:44 PM

    setuju banget nih. reviewer harus jujur tentang kekurangan/pengalaman buruk saat memakai produknya, meski dijelaskan dengan bahasa yang positif

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 9, 2023 at 12:24 AM

      Siip

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah August 8, 2023 at 9:41 PM

    Kalau coba sendiri dan tahu ingredient serta manfaatnya, pasti bisa review lebih objektif. Karena skincare juga ada peruntukannya bagi jenis kulit tententu ya. Plus pengalaman reviewer juga wajib mencukupi. Thanks infonya mbak.

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 9, 2023 at 12:25 AM

      Iya kk

  • Okti Li
    Okti Li August 9, 2023 at 4:24 AM

    Harganya juga sekalian Kak. Plus bisa dibeli dimana gitu. Jadi nanti gak bertanya tanya lagi hehehe

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 11, 2023 at 11:07 PM

      Oh iya nih

  • Dwi Aprily - The Ordinary Woman
    Dwi Aprily - The Ordinary Woman August 9, 2023 at 7:04 AM

    Betul memang review itu harusnya jujur, hasil akhir sesuai pemakaian. Jangan sampai deh ngereview modal motret produknya doang lalu asal tulis ingredients

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 11, 2023 at 11:08 PM

      Wah, emang ada yg spt itu 😂

  • Adi Pradana
    Adi Pradana August 9, 2023 at 6:25 PM

    Pengalaman langsung dengan produk memungkinkan kita untuk memberikan ulasan yang lebih akurat dan mendetail. Dengan menggunakan produk secara pribadi, kita dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dengan lebih baik, serta memberikan pandangan yang lebih mendalam kepada audiens.

  • Windi astuti
    Windi astuti August 9, 2023 at 7:39 PM

    Mereview apapun emang lebih nyaman kalau menggunakan produknya dulu ya mbak, Selaijn untuk memberikan testimoni terpercaya, kita juga menjelaskan dengan natural, tanpa mengada-ngada.

  • Jastitah
    Jastitah August 9, 2023 at 9:45 PM

    Setuju sih kita butuh reviewer yang jujur, tau akan produk yang sedang di reviewnya. Bukan karena di endorse atau lain sebagainya xixie

  • Helmy Satria
    Helmy Satria August 10, 2023 at 7:33 AM

    Ijin nambahin kak, kalo bisa reviewernya juga ngasih informasi jenis kulitnya. Karena biasanya beda jenis kulit, maka akan beda juga reaksi skincarenya.

  • SHalikah
    SHalikah August 10, 2023 at 7:34 AM

    Sebenarnya kita sebagai pembaca tentu lebih senang dengan honest review ya. Jadi sebelum membeli atau memakai produk, sudah ada gambaran terlebih dahulu tentang plus minus-nya produk tersebut. Menyampaikan kekurangan dengan bahasa yang baik adalah skill yang harus dipelajari nih.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi August 10, 2023 at 3:24 PM

    Suka curiga kalau ada reviewer yang menuliskan atau mengatakan "honest review".
    Hehehe, maksudnya, kalau memang itu review pribadi, no endorsement, lebih wajar kalau mengatakan apa kelebihan dan kekurangannya dengan bahasa yang santun dibandingkan memberikan kalimat "honest review".

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati August 10, 2023 at 7:56 PM

    Setuju banget nih kak sama tipsnya. Terutama memang harus dicoba biar reviewnya jadi perosnal dan jujur. Bila ada suatu masukkan juga bisa disampaikan dengan sopan. Jadi trusted reviewer deh. Semoga aku bisa remind itu semua, thank youuuu :)

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati August 10, 2023 at 9:25 PM

    Sebagai reviewer kita harus jujur mengulas produk. Dan lebih penting lagi kita wajib makai produknya biar natural kasih info ke audience.

  • halloannisa
    halloannisa August 10, 2023 at 10:08 PM

    Setuju sekali. Review jujur itu hal yang dicari dari para reviewer dan menyampaikan kekurangan dengan bahasa yang baik itu butuh latihan hehehe.

  • Deeva Collection
    Deeva Collection August 10, 2023 at 11:41 PM

    Kalau review produk, memang harus sejelas mungkin, khususnya kandungan dan efeknya. Karena bagaimanapun satu produk belum tentu cocok untuk orag yang berbeda. Setuju banget, kalau menyampaikan kekurangan dengan bahasa yang baik juga, tidak menjatuhkan.

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari August 10, 2023 at 11:58 PM

    Terima kasih tipsnya kak, dapat menjadi panduan saya saat mereview sebuah produk
    Tetap menyampaikan kekeurangan jika memang ada kekurangan ya Kak, tidak boleh memuji berlebihan juga kan

  • Nathalia Diana Pitaloka
    Nathalia Diana Pitaloka August 11, 2023 at 2:14 AM

    Setuju, baik beli sendiri maupun berbayar, sebelum menulis review itu memang harus dicoba dulu, dan menulis pengalamannya dengan jujur ya...

  • Puspita Wulandari
    Puspita Wulandari August 13, 2023 at 12:04 AM

    Wah makasih tipsnya mb , betul banget karena produk kecantikan itu tidak semua cocok dan tipe kulit orang berbeda beda yang terpenting kita memaparkan yang kita rasakan setelah menggunakan produk tersebut.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif August 13, 2023 at 11:25 PM

    Panting banget untuk menjadi reviewer yang jujur ya mbak
    Karena kita bisa memberikan edukasi yang bermfaat bagi banyak orang

  • Putu Felisia
    Putu Felisia August 15, 2023 at 5:52 AM

    Nah bener banget tuh reviewer juga sebaiknya ada etika nggak sekadar FOMO. Jadi ingat kasus fake sunscreen lagi nih.

  • dianovits
    dianovits August 15, 2023 at 7:32 PM

    Bener nih, aku tipikal orang yang kulitnya sensitif. Jadi ketika akan menulis review kosmetik aku harus mencoba dulu selama beberapa pekan, meskipun belum sempat menulis sih. hehe, Kadang ketika membaca review dari blogger, aku juga gak langsung pakai sih takutnya itu hanya sebuah iklan (untuk lomba ataupun dibayar). Sedangkan kulitku kalau udah gak cocok, pasti efeknya parah.

  • Ainun
    Ainun October 31, 2023 at 9:23 AM

    aku dulu kalau mau beli beli produk baru, jarang liat review temen-temen
    tapi sekarang sebelum membeli produk baru yang ingin aku coba, aku sempetin buat baca atau melihat review.
    Banyak banget reviewer yang memberikan keunikan masing-masing saat berbicara mengenai review produk yang ia gunakan

Add Comment
comment url