Seblak Original dan Variasinya

Bandung dikenal sebagai kota kembang dan kota kuliner. Dari kota ini muncul berbagai makanan khas baru yang menggoyahkan iman lidah, seperti batagor, cilok, cilung, cilor dan sebagainya. Hingga beberapa tahun yang lalu muncullah seblak

Meskipun ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa aslinya seblak berasal dari Tasik atau bahkan Garut, namun kebanyakan orang mengenal seblak sebagai authentic street food dari Bandung. 

Tidak masalah sih dari manapun asalnya, makanan dengan ciri khas kerupuk mentah dan kencur ini memang seenak itu. 


Seblak original

Sebetulnya seblak itu aslinya simpel sekali. Bumbunya hanya bawang putih, kemiri dan kencur, isiannya pun hanya kerupuk mentah oranye dan telur. 

Rasa khas kencur sebagai bumbu utama seblak itu manis, jadi untuk yang kurang suka makanan manis, tidak perlu menambahkan lagi gula saat memasaknya. 

Cara membuatnya mudah sekali: 
  1. Haluskan bumbu: 3 siung bawang putih, 2 butir kemiri, kencur secukupnya
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan 200 ml air putih
  3. Setelah mendidih, masukkan 150 gram kerupuk mentah
  4. Saat kerupuk mulai layu, masukkan telur, aduk rata
  5. Tambahkan garam, penyedap rasa atau bubuk cabe sesuai selera

Untuk beberapa orang yang kurang suka rasa khas kencur, banyaknya bisa dikurangi disesuaikan dengan selera. 


Variasi seblak lainnya

Nah, berdasarkan selera dan kreativitas para penggemarnya, muncullah berbagai variasi seblak, mulai dari tambahan bumbu, topping dan bahkan isiannya. 

Tambahan bumbu

Ada seblak yang bumbunya dilengkapi dengan bawang daun, daun jeruk, bawang goreng, jeruk sambal dan lain-lain. 

Bahan isian

Jika seblak original isinya hanya kerupuk oranye mentah, beberapa seblak lain menggunakan kerupuk putih, pelangi, makroni, bahkan mie. Ada juga yang menambahkan sayuran seperti kol atau sawi. 

Topping

Nah, inilah yang biasanya paling menarik. Ada yang menambahkan sosis, baru, seafood, ayam, ceker dan sebagainya untuk topping, bukan hanya sebagai pemanis namun juga menambah nikmat. 


Seblak variasi apa nih favorit teman-teman? Saya sendiri lebih suka bumbu yang original, sedangkan isian dan topping-nya disesuaikan dengan yang ada di rumah. 

Atau teman-teman punya resep seblak sendiri? Yuk share di kolom komentar.  
Next Post Previous Post
6 Comments
  • Ainun
    Ainun July 11, 2023 at 8:28 AM

    pertama kali dulu cobain seblak ampun ampun sama pedesnya, dan sebenernya untuk level pedasnya bisa direquest, tapi malah aku ga pernah request
    Jadi sekarang kalau mau makan seblak nunggu mood-moodan, takut ga habis makannya

    kemarin, orang rumahku bikin seblak sendiri, jadi untuk pedesnya bisa diatur masing-masing. Dan soal rasa sama enaknya sama yang biasa dibeli. Cuman kadang males riweuhnya kalau masak

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com July 11, 2023 at 5:08 PM

      Wah 😂

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar August 8, 2023 at 9:42 PM

    seblak saat ini kembali viral ya, apalgi sering bgt dipromosiin resep2nya oleh banyak influencer di media sosial dan platform video lainnya.. dan seblak ini salah satu favorit jajanan sya, hehee.. trims udah berbagi tips dan ceritanya di artikel ini.. good luck

    • Pipit ZL ceritaoryza.com
      Pipit ZL ceritaoryza.com August 9, 2023 at 12:26 AM

      Makanan sejuta umat ya

  • Firmansyah
    Firmansyah August 10, 2023 at 6:12 AM

    Tidak bisa dipungkiri, nama dan eksistensi Seblak semakin meroket semenjak dijadikan konten kreatif oleh Rafael Tan, yang kemudian oleh netizen dijadikan sebagai Duta Seblak. Hahahah.

  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama August 10, 2023 at 2:38 PM

    Sejujurnya aku tuh ngga pernah tertarik sama seblak mba, hingga beberapa bulan yang lalu si rujak mamang rapael viral. Akhirnya aku bikin seblak sendiri pakai resepnya. Suka sih sama yang versi rapael.

Add Comment
comment url