4+ Kata Ajaib yang Wajib Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Anak adalah peniru yang ulung. Apapun yang dilakukan orang lain, terutama orang tuanya, akan diduplikasi dengan baik oleh anak. Oleh karena itulah kita sebagai orang tua wajib memberikan contoh yang baik, termasuk mengaplikasikan 4 kata ajaib yang wajib diajarkan pada anak sejak dini, agar kelak terbiasa menggunakannya. 

Sungguh tidak bijak bila ada orang dewasa yang menormalisasi tingkah anak yang tidak sopan. Namanya juga anak-anak, mereka tidak mengerti kalau itu tidak sopan, oleh karena itulah orang tuanya yang harus menanamkan attitude sejak dini.



Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan orang lain. Baik itu dalam lingkungan keluarga, sekolah, pekerjaan, maupun masyarakat umum. Dalam interaksi tersebut, penting untuk menjaga sopan santun dan menggunakan kata-kata yang tepat.

Maaf 

Merupakan kata yang menunjukkan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan. Kata ini menunjukkan kerendahan hati dan keinginan untuk memperbaiki diri. Mengucapkan "Maaf" dapat meredam konflik, membuka pintu rekonsiliasi, dan membangun hubungan yang harmonis. 

Ketika orang tua tidak sengaja menyipratkan air ke arah anak, ucapkanlah maaf agar anak bisa belajar bahwa kata maaf wajib diucapkan bila melakukan kesalahan walaupun tidak sengaja. 

Tolong 

Kata ajaib yang kedua adalah "tolong", kata yang digunakan untuk meminta bantuan. Kata ini menunjukkan rasa hormat dan pengakuan keterbatasan diri. Mengucapkan "Tolong" dapat menumbuhkan rasa percaya dan menghargai pada pihak yang dimintai bantuan. 

Misalnya saat orang tua menyuruh anaknya mengambilkan sesuatu, ucapkanlah tolong sehingga anak merasa dihargai, dimintai bantuan, bukan diperintah dan anak pun mengerti kalau minta bantuan pada orang lain harus menggunakan kata tolong. 

Permisi 

Kata ajaib berikutnya adalah "permisi", kata yang digunakan untuk meminta izin atau melewati sesuatu. Kata ini menunjukkan kepedulian pada ruang dan privasi orang lain. Mengucapkan "Permisi" dapat menumbuhkan rasa nyaman dan dihargai, serta membuka jalan untuk komunikasi yang lebih lancar dan sopan.

Sebagai orang timur, budaya Indonesia kaya akan anggah-ungguh. Alangkah baiknya kata permisi juga diajarkan dalam bahasa lokal setempat seperti "punten" dalam bahasa Sunda. 

Terimakasih 

Last but not least, "terimakasih" adalah kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas kebaikan yang telah diterima. Kebaikan yang diterima ini bisa berupa benda atau pertolongan. Kata ini menunjukkan apresiasi yang tulus. Mengucapkan terimakasih dapat membuat pemberi bantuan merasa dihargai, dan tidak enggan memberi bantuan lagi. 

Ketika anak berprestasi dan atau mematuhi aturan rumah pun sebaiknya orang tua selalu ucapkan terimakasih pada anak walaupun tidak meminta bantuannya karena anak akan merasa dihargai atas usahanya. 


Empat kata ajaib ini tidak hanya berlaku dalam lingkup formal, tapi juga personal. Di keluarga dan dalam masyarakat, agar anak menjadi terbiasa berlaku sopan terhadap sesama. 

Kata ajaib lainnya
Ucapan salam mungkin mirip dengan kata permisi, namun sedikit berbeda dalam penggunaannya. Biasanya salam diucapkan saat akan memasuki rumah, menyapa orang lain atau pembukaan pidato. Berbagai ucapan salam yang umum digunakan: 
  • Permisi
  • Assalamu alaikum
  • Selamat pagi, siang, sore atau malam
  • Salam sejahtera
  • Namaste
Tentunya teman-teman sudah mengajarkan 4+ kata ajaib ini pada anak, bukan?



Cara mengajarkan 4+ kata ajaib pada anak

Agar anak memiliki karakter yang baik, 4+ kata ajaib ini merupakan wajib diajarkan pada anak. Sebagai orangtua, kita bisa mengajarkannya dengan cara berikut: 
  • Mencontohkannya agar anak melihat dan meniru dengan baik
  • Mengingatkan anak agar mengucapkan kata-kata ajaib tersebut
  • Menanamkan kebiasaan tanpa memaksa anak untuk melakukannya

Mengajarkan 4+ kata ajaib pada anak sejak dini mungkin terkesan mudah namun penuh tantangan. Apakah teman-teman punya kata ajaib lainnya? Silakan tulis di kolom komentar agar bisa melengkapi. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url